Perbedaan Antara Gigitan Nyamuk & Kutu Busuk

Bagaimana Cara Membedakan Antara Gigitan Nyamuk dan Kutu Busuk?

Nyamuk dan kutu busuk merupakan 2 hewan yang serangga yang dikelompokan sebagai hama pengganggu bagi kehidupan manusia. Karakter dan kebiasan mereka juga sama, yaitu senang menggigit manusia untuk menghisap darah. Nyamuk dan kutu busuk tertarik pada bau tubuh manusia karena adanya karbondioksida yang dikeluarkan oleh manusia. Selain itu, ke-2 hewan ini bisa mengidentifikasi manusia melalui suhu tubuh manusia itu sendiri.

Nyamuk dan kutu busuk memrlukan darah sebagai nutrisi untuk mempertahankan hidup mereka sekaligus untuk membantu proses reproduksi mereka. Ketika mereka menggigit dan menghisap darah pad amanusia, maka akan tampak bekas gigitan yaitu munculnya bintik atau bentol merah yang disertai oleh rasa gatal. Namun, gigitan dari ke-2 hama ini sebenarnya berbeda dan bisa kita bedakan. Lantas bagaimana cara membedakan gigitan dari nyamuk dan kutu busuk ini? Silahkan simak artikel ini baik-baik!

Cara Membedakan Gigitan Nyamuk

Nyamuk biasanya akan tertarik pada bagian tubuh mansia yang memproduksi banyak keringat, karena bagi mereka tempat tersebut memiliki aroma yang menggoda. Bagian-bagian seperti telinga, leher, tangan serta kaki merupakan tempat paforit nyamuk untuk menghisap darah manusia. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak nyamuk yang sering menggigit di area tersebut.

Gigitan nyamuk dapat kita bedakan dengan melihat dan mengenali karakter bekas gigitannya. Setelah nyamuk menggigit akan muncul bentol kecil yang berwarna merah yang berangsur-angsur akan sedikit membesar dan sedikit mengeras disertai rasa gatal dan sedikit nyeri. Bentolan tersebut biasanya tidak akan lama, hanya bertahan beberapa menit saja.

Cara Membedakan Gigitan kutu busuk

Kutu busuk atau menurut orang sunda sering juga disebut Tumila, biasa hidup pada sela-sela atau bagian tersembunyi pada tempat tidur Anda. Mereka memiliki kegemaran yang sama seperti dengan nyamuk, yaitu senang menggigit pada bagian leher, tangan, lengan serta pada kaki. Namun, bekas gigitan kuut busuk ini berbeda dengan bekas gigitan nyamuk. Ketika kutu busuk menggigit kulita manusia, maka akan muncul ruam dan bintik bintik merah.

Apakah Gigitan Nyamuk dan Kutu Busuk Berbahaya?

Nyamuk sudah tidak asing lagi di telinga kita kalau serangga ini merupakan monster kecil yang mampu menyebarkan berbagai penyakit berbahaya. Namun tidak semua jenis nyamuk yang mampu menyebarkan bibit penyakit mematikan, nyamuk-nyamuk yang kerap menjadi musuh menakutkan manusia adalah nyamuk Aedes Aegypti dan malaria. Tapi, ada juga penyakit berbahaya yang diakibatkan oleh hampir semua jenis nyamuk yang perlu Anda waspadai, yaitu penyakit Kaki Gajah. Oleh karena itu, Anda tidak boleh menyepelekan gigitan nyamuk yang rasa nya tidak sampai seperti tertusuk jarum.

Kutu busuk pun ternyata memiliki tingkat bahaya bagi manusia, gigitan kutu busuk ternyata bisa menimbulkan alergi berlebih karena zat histamin yang dihasilkan oleh kutu busuk. Pada tingkat yang parah, kerancunan zat histaminn mampu mengakinatkan komplikasi pada penyakit lain yang lebih parah.

Jangan Biarkan Rumah Anda Menjadi Sarang Nyamuk dan Kutu Busuk

Setelah Anda mengetahui betapa berbahayanya ke-2 serangga pengganggu ini, maka tidak ada alasan lagi untuk membiarkan hewan ini berkeliaran di rumah Anda. Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membasmi nyamuk dan kutu busuk, namun cara-cara yang biasa dilakukan biasanya tidak terlalu ampuh, sehingga kurang memiliki dampak positif. Oleh karena itu, kami menyarankan untuk menghubungi FUMIDA dalam membereskan urusan Anda dengan nyamuk dan Kutu Busuk.

FUMIDA merupakan layanan pengendalian hama rumah tangga seperti nyamuk, rayap, kutu busuk, tikus, kecoa dan hama penggangu lainnya. Anda bisa menghubungi FUMIDA melalui sambungan telp 021-29049130 serta dapat juga melalui SMS/Whatsapp di 0822-1177-1166. Urusan Nyamuk dan Kutu Busuk, serahkan pada ahlinya! Maka rumah Anda akan terbebas dari gangguan ke-2 hama menjengkelkan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Telp Sekarang 0822-1177-1166
WhatsApp Whatsapp Kami Sekarang