Nyamuk DBD Ternyata Suka Warna ini Lho


Penyakit demam berdarah dengue atau sering disingkat menjadi penyakit DBD diakibatkan oleh jenis nyamuk Aedes aegypti. Nyamuk ini membawa virus dengue yang bisa menyebabkan penyakit demam berdarah. Nyamuk ini juga tidak hanya menyebarkan penyakit demam berdarah, namun mampu menyebarkan penyakit mematikan lainnya seperti cikungunya, demam kuning (yellow fever), serta zika.

Nyamuk memang menyukai bau tubuh manusia yang berasal dari keringat yang mengandung asam laktat. Namun, selain faktor keringat ternyata nyamuk juga menyukai hal lain yang membuat mereka tertarik pada manusia, khususnya nyamuk yang membawa virus dengue atau yang bisa menyebabkan penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Dua orang siswi yang berasal dari SMAIT Iqra yang berada di Kota Bengkulu mengadakan penelitian terhadap warna yang disukai oleh nyamuk DBD atau disebut juga nyamuk aedes aegypti. Kedua siswa yang bernama Meutia Tri Lestari dan Mytha Shabira tertarik melakukan penelitian pada nyamuk khususnya warna yang disukai nyamuk. Entah apa yang membuat mereka termotivasi untuk melakukan penelitian tersebut, yang jelas hasil penelitian ini cukup berguna bagi manusia agar terhindar dari serangan jenis nyamuk ini.

Ke-2 siswi memulai penelitiannya dengan menyiapkan enam ovitrap atau jebakan nyamuk. Ovitrap tersebut dibungkus dengan kain berbagai macam warna dengan masing-masing warna yaitu: hitam, kuning, putih, biru, merah muda, dan hijau. Selanjutnya, ke-6 ovitrap tersebut diletakkan di ruangan yang tertutup selama kurang lebih delapan jam.

Hasil pengamatan tersebut menunjukan bahwa ternyata nyamuk lebih menyukai ovitrap yang dibungkus dengan kain berwarna hitam ketimbang warna lain. Pengamatan yang sederhana ini sebetulnya sudah diketahui dan tidak asing bagi kebanyakan orang mengenai fakta bahwa nyamuk lebih menyukai warna hitam. Namun, dengan melakukan pengamatan ini lebih memastikan bahwa nyamuk ternyata benar-benar menyukai warna hitam daripada warna yang lain.

Kenapa Nyamuk Lebih Menyukai Warna Hitam?

Meskipun penelitian atau pengamata ke-2 siswi tersebut hanya berhenti disitu, tanpa mencari tahu penyebab kenapa nyamuk lebih menyukai benda yang berwarna hitam? Namun telah banyak teori yang menyebutkan alasan kenapa nyampuk lebih suka pada warna tersebut. Diantaranya adalah, warna hitam mampu lebih banyak menyerap panas.

Warna hitam memang digolongkan pada warna yang secara efektif mampu menyerap panas. Pada warna ini, seluruh spektrum cahaya akan diserapnya, sehingga pancaran energi atau radiasi yang diterima oleh benda yang berwarna hitam akan semakin besar seiring dengan bertambahnya spektrum cahaya yang diperoleh. Oleh karena itu, warna hitam lebih berefek panas dibandingkan dengan warna lainnya.

Nyamuk memiliki reseptop sebagai alat sensor suhu dan kelembapan udara. Suhu panas akan lebih disukai oleh nyamuk, sehingga warna hitam yang lebih menghasilkan suhu panas pasti akan lebih sering dikunjungi oleh nyamuk. Jadi sebetulnya bukan warna yang disukai oleh nyamuk, melainkan suhu panas yang ditangkap oleh reseptor pada warna kain yang berwarna hitam.

Layanan Pengendalian Hama Nyamuk

Yang terpenting adalah bagaimana cara yang paling efektif untuk membasmi nyamuk secara efektif. Oleh karena itu, kami menyarankan cara yang paling bagus untuk menumpas serangga berbahaya ini melalui layanan pest contrill FUMIDA. FUMIDA merupakan perusahaan yang menyediakan layanan pengendalian hama atau lebih dikenal dengan pest controll. Fumigasi merupakan salah satu layanan FUMIDA untuk membasmi berbagai serangga hama bagi manusia, diantaranya adalah nyamuk. Anda bisa berkonsultasi secara gratis melalui 021-29049130 atau 0822-1177-1166. Bebaskan rumah Anda dari berbagai hama pengganggu teruatama nyamuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Telp Sekarang 0822-1177-1166
WhatsApp Whatsapp Kami Sekarang