Membedakan 2 Jenis Rayap Kayu dan Rayap Tanah


Rayap merupakan serangga prasit atau perusak bagi manusia diarenakan suka merusak berbagai konstruksi dan furniture yang terbuat dari kayu. Dengan begitu keberadaan hewan ini begitu sangat dibenci oleh manusia ketika mereka menemukan rayap-rayap ini di rumahnya. Ternyata rayap memiliki beberapa spesies yang berbeda bahkan banyak sekali jenis rayap yang tersebar di seluruh dunia. Hasil penelitian telah menemukan setidaknya ada 2.750 sepesies rayap yang ada di seluruh dunia. Namun tidak semua rayap berinteraksi dengan mansia, karena kebanyakan spesies mereka tigga di alam bebas.

Di negara kita yang beriklim tropsi dengan curah hujan yang cukup tinggi, rayap akan berkembang biak dengan baik dan menjadi hama bagi manusia manakala mereka memilih untuk membesarkan koloninya di rumah-rumah manusia. Ada 2 jenis rayap yang umum ditemukan di Indonesia yang bersifat sebagai parasit atau hama perusak yaitu rayap tanah dan rayap kayu.

Perbedaan Rayap tanah

Ya, jenis rayap ini merupakan spesies yang paling umum diketahui oleh kita. Mereka biasanya yang paling sering merusak perabotan rumah kita. Dibanding dengan spesies rayap kayu, rayap ini biasanya akan bertahan n hidup dengan memakan bagian dalam kayu dengan cara membuat terowongan di lapisan permukaan kayu. Spesies rayap kayu dan rayap tanah yang bertugas sebagai rayap pekerja memiliki wujud yang hampir mirip. Namun untuk golongan prajurit atau rayap penjaga dan rayap yang memiliki sayap (alates) memiliki ciri yag berbeda.

Berbeda dengan jenis rayap kayu,rayap tanah lebih menyukai untuk hidup di dalam permukaan tanah. Mereka membutuhkan lingkungan yang sangat lembab agar bisa bertahan hidup. Namun, rayap tanah juga akan membutuhkan hubungan antara dalam dan bagian luar tanah, biasanya mereka akan membuat terowongan dari remah-remah kayu pada air liur mereka.

Perbedaan Rayap Kayu

Rayap kayu atau sering juga disebut sebagai rayap kayu juga akan hiudp dan berkembang biak di daerah yang memiliki kelembapan yang cukup tinggi. Jumlah kolonimereka lebih sedikit kalau dibanding dengan koloni yang ada pada rayap tanah. Hal tersebut dikarenakan mereka hidup hanya mengandalkan dengan media kayu yang menjadi makanannya. Karena kebiasaannya itu menjadikan rayap jenis rayap kayu ini akan lebih sulit terdeteksi. Mereka akan berkembang biak dengan baik melalui kayu yang mereka makan dan tidak mengenal apakah kayu tersebut keras atau lunak.

Perbedaan yang cukup mencolok antara rayap tandah dan rayap kayu kering adalah tempat tinggal untuk berkembang biak bagi mereka. Sesuai dengan namanya, rayap satu ini akan tiinggal dan hidup pada sebuah struktur kayu yang sudah mati, misalnya di furniture rumah Anda. Mereka biasanya akan menghasilkan kotoran yang disebut dengan Frass, kotoran tersebut akan dijadikan sebuah terowongan bagi mereka ketika sedang menggerogoti kayu.

Cara Membasmi Rayap Tanah dan Rayap Kayu

Huja Anda menemukan ke-2 jenis rayap di rumah Anda, sebaiknya Anda segera membasmi mereka salah satunya dengan melumuri minyak tanah atau bensin. Anda bisa juga melakukan jebakan yg dibuat dari kardus basah sehingga mereka akan tinggal disana yang kemudian Anda bisa membuangnya setelah semua rayap ada disana.

Namun, terkadang hal-hal diatas tidak cukup efektif sehingga rayap-rayap ini akan datang kembali ke rumah Anda. Jika sudah demikian, sebaiknya Anda memanggil jasa pembasmi rayap FUMIDA melalui nomor 021-29049130 atau 0822-1177-1166. FUMIDA merupakan solusi pest control untuk membasmi rayap secara profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Telp Sekarang 0822-1177-1166
WhatsApp Whatsapp Kami Sekarang