Inilah Fakta Makanan Yang Disukai Oleh Semut


Anda mungkin pernah memperhatikan bagaimana semut dapat memakan apapun, bukan hanya yang manis-manis saja, tapi yang lainpun mereka dapat memakannya, seperti kecoa atau lalat yang sudah mati, tumpahan makanan yang jatuh ke atas lantaipun mereka makan.

Apa saja makanan yang disukai oleh semut? Karena semut termasuk kedalam kategori hewan omnivora, maka ia memakan hampir semua yang ada. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya, maka serangga ini memakan hewan ataupun tumbuhan. Bahkan memakan apapun yang ia temukan untuk tetap bertahan hidup. Namun meski begitu, tidak semua jenis semut memakan makanan yang sama, jadi beda jenis semut, maka beda pula makanan yang mereka makan, karena semut terdapat beberapa jenis.
Tapi disini kita bukan akan membahas jenis-jenis semut, melainkan apa saja makanan-makanan yang disukai oleh semut? Disini kita akan membahas 3 makanan yang disukai oleh serangga ini. Mau tahu? Mari kita bahas satu persatu.

1. Makanan dan minuman yang manis

Seperti yang kita ketahui, bahwa semut yang sering kita jumpai di dalam rumah menyukai makanan dan minuman yang manis, seperti gula pasir, madu, sirup, roti dan jus. Namun mereka akan mencari zat manis dari madu yang ditinggalkan oleh serangga lain apabila mereka kesulitan mendapatkan makanan yang manis di sekitar area rumah kita.

Madu yang kaya akan gula ini dikeluarkan oleh serangga kecil yaitu kutu daun saat mereka memakan tanaman. Dan tahukah Anda? Bahwa diantara populasi kutu daun ini sengaja memberikan madu tersebut kepada koloni semut sebagai simbiosis mutualisme. Madu yang mereka berikan kepada koloni semut ditukar dengan perlindungan bagi populasi kutu daun dari pemangsa yang lebih besar.

2. Makanan yang berprotein

Selain menyukai makanan dan minuman yang manis sebagai sumber energi, semut juga menyukai makanan yang berprotein untuk tumbuh dan berkembangbiak. Sumber makanan yang berprotein tinggi ini ada pada makanan seperti telur dan daging. Selain itu, serangga ini juga menyukai pada minyak ataupun lemak dari proses memasak yang biasanya terdapat pada lantai dapur, permukaan meja dan peralatan memasak.

Namun kita juga mungkin pernah menyaksikan ada segerombolan semut yang membawa serangga mati ke koloninya seperti lalat atau kecoa untuk mereka makan. Hal ini disebabkan karena semut juga akan mendapatkan kandungan protein dari memakan serangga mati tersebut.

3. Jamur yang merupakan sumber nutrisi

Perlu kita ketahui, bahwa ada beberapa spesies semut yang membudidayakan jamur di area yang lembab seperti di kebun rumah Anda. Hal ini dilakukan karena mereka tumbuh dan berkembangbiak hanya dengan memakan jamur atau fungi. Spesies yang memakan jamur yang merupakan sumber nutrisi bagi mereka adalah spesies semut pemotong daun.

Bagaimanakah cara agar koloni semut tidak masuk ke rumah Anda?

1.Segera membersihkan tumpahan minuman dan makanan yang manis di meja makan atau di lantai rumah Anda.
2.Senantiasa membersihkan meja dan lantai dari remah-remah makanan yang tersisa yang dapat menarik semut untuk datang mencari makanan ke rumah Anda.
3.Pastikan agar makanan tersimpan dan tertutup rapi di meja makan atau lemari dapur Anda.

Itulah beberapa makanan yang disukai oleh semut dan cara mencegah agar koloni semut tidak mencari makan di rumah Anda. Namun jika keberadaan semut sudah sulit untuk dikendalikan dan dibasmi, maka Anda dapat menggunakan jas pest control FUMIDA untuk layanan pembasmi semut yang efektif untuk rumah Anda. Silahkan hubungi FUMIDA melalui layanan telepom 021-29049130, atau melalui SMS/Whatsapp di 0822-1177-1166 agar rumah Anda terbebas dari semut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Telp Sekarang 0822-1177-1166
WhatsApp Whatsapp Kami Sekarang