Inilah Beberapa Fakta Mengejutkan Rayap Yang Jarang Diketahui


Rayap merupakan salah satu hewan yang termasuk kedalam jenis serangga pengganggu/hama rumah. Hewan ini digolongkan kedalam jenis Arthropoda dengan ordo Isoptera. Isoptera berasal dari kata iso yang berarti sama dan kata ptero yang berarti sayap, Isoptera sendiri merupakan bahasa latin yang memiliki makna serangga yang mempunyai sayap sama (sayap identik).

Serangga ini dikategorikan sebagai hama pengganggu manusia dikarenakan mereka sering menghancurkan atau merusak peralatan serta furniture yang terbuat dari kayu. Jika serangga ini dibiarkan dan tidak segera dimusnahkan, maka bisa dipastikan seluruh perabotan Anda yang terbuat dari kayu akan rusak digerogoti oleh koloni rayap ini.

Namun tahukah Anda? Ternyata rayap termasuk hewan yang digolongkan kedalam jenis hewan purba tepatnya serangga purba. Hasil penelitian menyebutkan, ternyata rayap sudah hidup sejak ribuan tahun yang lalu. Hewan ini juga dinyatakn sebagai hewan yang hidup berkelompok atau berkoloni dengan dipimpin oleh seekor ratu seperti halnya dengan lebah dan semut yang menjalani kehidupannya juga secara berkoloni. Dan inilah beberapa fakta mengejutkan rayap yang jarang diketahui kebanyakan orang.

Serangga Yang Buta dan Tuli

Yap, rayap memang dilahirkan sebagai serangga yang tidak memiliki penglihatan dan pendengaran alias buta dan tuli. Lantas bagaiman a rayap bisa hidup, bahkan berkoloni? Berdasarkan sejumlah penelitian, rayap menjalani kehidupannya seperti membangun sarang, mengurus ratu, mencari makanan hanya dengan menggunakan indra penciuman saja, biasanya mereka akan meninggalkan jejak dengan menggunakan aroma makanan agar diketahui serta diikuti oleh teman-temannya.

Membangun Sarang Sampai Setinggi 7 Meter

Wow, bagaimana caranya hewan yang kecil dan lemah ini bisa membuat tempat tinggal setinggi 7 meter? Mungkin jika skala ketinggian hewan ini disamakan dengan manusia, bangunan yang dibangun oleh rayap ini lebih mirip sebagai gedung pencakar langit, keren sekali bukan? Ya, beberapa jenis rayap, khususnya rayap tanah yang tinggal di savana atau hutan tropis biasanya membangun sarang yang terbuat dari lumpur sehingga membentuk gundukan setinggi sampai 7 meter.

Memiliki Sistem Pemerintahan Yang Dipimpin oleh Seorang Ratu

Tidak hanya manusia saja yang hidup berkoloni dengan membuat sebuah negara atau kerajaan dengan mengangkat seorang pemimpin yang disebut raja, ratu, perdana menteri, atau presiden. Dunia rayap pun melakukan hal yang sama, mereka berkoloni dengan dipimpin oleh seekor rayap yang ukuran tubuhnya lebih besar atau sering disebut sebagai ratu rayap. Hal serupa juga terjadi pada serangga lain seperti semut dan lebah. Hal tersebut menjadikan hewan-hewan ini digolongkan pada hewan yang memiliki kecerdasan.
Tugas ratu rayap hanya bertelur, sepanjang hidupnya ratu rayap akan terus bertelur sampai ajalnya tiba. Ratu rayap ini akan bertelur setiap hari, bahkan dia mampu bertelur setiap 15 detik sekali. Telur-telur tersebut akan dirawat oleh rayap-raya pekerja. Segala kebutuhan ratu, terutama dalam hal makanan akan dipenuhi oleh rayap-rayap pekerja juga. Unik sekali bukan?

Hidup Dengan Cara Berkoloni

Beberapa hewan bahkan kebanyakn hewan hidup secara soliter atau sendiri, biasanya mereka akan berpasangan jika musim kawin tiba. Namun hal tersebut sangat berbeda sekali dengan rayap, serangga ini hidup dengan cara berkoloni atau berkelompok. Mereka akan membangun koloni bak sebuah negara, karena memang koloni rayap dipimpin oleh seekor ratu.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa dalam setiap koloni rayap, setidaknya dihuni oleh 10 juta ekor rayap. Hewan yang kecil dan lemah ini bisa menjadi ancaman bagi manusia mengingat banyaknya ‘rakyat’ yang ada pada koloninya. Tak bisa dipungkiri, jika koloni rayap bisa menghancurkan sebuah bangunan tempat tinggal manusia.

Masih banyak lagi fakta mengejutkan mengnai rayap, salah satunya dalah sebagai hewan pengurai terbaik atau dekompose. Di habitat aslinya, hewan ini sering memakan kayu yang telah lapuk sehingga mempercepat proses penguraian kayu menjadi tanah.

Rayap Berbahaya Bagi Rumah Manusia

Meskipun rayap memiliki banyak kelebihan, namun serangga ini digolongkan juga kepada serangga yang bersifat merusak/hama. Oleh karena itu, jika rumah Anda diserang oleh rayap maka sebaiknya Anda segera menghubungi FUMIDA jasa pembasmi rayap sampai tuntas. Hubungi FUMIDA via telp atau sms. Nomor yang bisa Anda hubungi adalah 021-29049130 dan 0822-1177-1166

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Telp Sekarang 0822-1177-1166
WhatsApp Whatsapp Kami Sekarang