Ini Dia Tanda-Tanda dan Gejala Ketika Terkena Virus Zika


Nyamuk Aedes Aegpti mereupakan spesies nya nyamuk mematikan. Selain menyebarkan virus dengue dan chikungunya, nyamuk ini juga menyebarkan virus mematikan yang bernama virus Zika. Nyamuk ini menghisap darah orang yang terinfeksi, sehingga virus zika terhisap juga oleh nyamuk aedes aegpti ini. Virus zika dalam tubuh nyamuk ini akan ditularkan ketika nyamuk ini menghisap darah kepada orang yang normal.

Virus Zika lebih serang menyerang masyarakan yang tinggal di daerah dengan iklim tropis, karena di tempat ini nyamuk Aedes Aegpti bisa tinggal dan berkembang biak dengan baik. Virus ini akan menyerang siapa saja tanpa mengenal usia dan jenis kelamin. Namun, baru-baru ini badan kesehatan dunia WHO mengumumkan mengenai negara-negara yang rentan terkena wabah virus Zika seperti Colombia, Brazil, Cape Verde, Honduras, Panama, Suriname, Martinique & El Savador. Bagi orang-orang yang hendak berkunjung ke negara tersebut sebaiknya lebih berhati-hati agar tidak terkena infeksi dari virus Zika.

Tanda-Tanda dan Gejala Terkena Virus Zika

Secara umum, orang yang terkena infeksi virus Zika biasanya tidak menunjukan adanya tanda-tanda apapun. Menurut catatan medis yang dikeluarkan oleh kementerian kesehatan republik Indonesia, dari 5 orang yang terinfeksi virus Zika hanya terdapat 1 orang pasien yang menunjukkan adanya gejala oleh serangan virus Zika. Meski demikian, namun orang yang terkena penyakit ini tetap memberikan tanda-tanda atau gejala khusus seperti dibawah ini:

    • Muncul bintik-bintik merah di permukaan kulit, yang umum juga ketika terserang penyakit DBD
    • Merasakan gatal-gatal di seluruh bagian tubuh
    • Demam tinggi yang tak kunjung turun
    • Sakit dan pusing pada kepala
    • Sendi tersasa n yeri dan terlihat membengkak
    • Mata merah
    • Punggung sakit
    • Nyeri otot

Beberapa penelitian yang dilakukan oleh sejumlah pakar kesehatan menyebutkan bahwa gejala demam saat pasien terkena virus Zika, hampir mirip dengan gejala demam berdarah. Namun, yang cukup membedakanketika pasien terkena gejala virus Zika akan mengalami demam yang lebih rendah dibanding dengan pasien yang terkena penyakit demam berdarah. Pasien virus zika biasanya akan mengalami demam maksimal dengan suhu 38 derajat celsius.

Dalam beberapa kasus, pasien yang tertular atau terkena virus Zika biasanya akan pulih dengan sendirinya secara total.Biasanya, pasien akan kembali membaik dan sehat kembali antara 7 sampai 12 hari setelah mereka terinfeksi virus Zika ini. Namun, tidak sedikit juga pasien yang terdampak penyakit ini mengalami gangguan kesehatan yang cukup serius bahkan sampai pada resiko kematian. Pasien yang secara serius terkena penyakit ini biasanya akan mengalami penurunan daya imunitas tubuh akibat digerogoti oleh virus Zika. Beberapa pasien yang terkena penyakit ini juga berpotensi menyebabkan pada kerusakan syaraf.

Cara Membasmi Nyamuk Aedes Aegpti

Virus Zika disebarkan kepada manusia melalui serangga kecil yang bernama Aedes Aegpti. Nyamuk ini juga terkenal dengan nyamuk Demam Berdarah Dengue serta penyebar penyakit Chikungunya. Cara membasmi nyamuk Aedes Aegpti yang paling manjur adalah dengan melakukan pengasapan atau fumigasi. Dengan gas fumigan yang sebar keseluruh area tempat tinggal akan membunuh nyamuk aedes aegpti sampai benar-benar tuntas.

Fumigasi bisa dilakukan oleh layanan pest controll atau jasa pemberantasan hama. Layanan pest controll bisa dilakukan dengan menghubungi FUMIDA. Mereka akan melakukan proses pembasmian nyamuk secara menyeluruh, sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi terhadap penyakit-penyakit berbahaya yang diakibatkan oleh nyamuk seperti virus Zika ini. Silahkan hubungi melalui layanan telp/sms atau whatsapp di no 021-29049130 / 0822-1177-1166 untuk berkonsultasi terlebih dahulu. Semoga kita semua terhindar dari penyakit mematikan yang diakibatkan oleh virus Zika ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Telp Sekarang 0822-1177-1166
WhatsApp Whatsapp Kami Sekarang