Hati-Hati, Penyakit Demam Berdarah Dengue Mudah Sekali Menular!


Nyamuk, merupakan salah satu serangga yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang sangat fatal. Bahkan, penyakit-penyakit yang disebarkan oleh jenis nyamuk tertentu dapat mengakibatkan kematian. Diantara penyakit berbahaya yang diakibatkan oleh serangga ini adalah penyakit Demam Berdarah Dengue atau DBD. Penyakit DBD disebarkan oleh nyamuk yang bernama Aedes Aegypti. Sebenarnya nyamuk ini tidak hanya membawa virus dengue yang menyebabkan DBD saja, namun nyamuk ini juga mampu membawa virus berbahaya lainnya seperti zika, yellow fever dan chikungunya. Semua virus itu sangat berbahaya dan jika terinfeksi pada manusia bisa menyebabkan kematian.

Penyakit Demam Berdarah Dengue disebabkan oleh infeksi virus Dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti.Konon, nama penyakit ini berasal dari bahasa sawahili yang berarti kram otot parah akibat roh jahat atau ka dinga pepo. Dahulu pernah terjadi wabah kram otot dan nyeri pada bagian sendi yang diakibatkan infeksi oleh virus di Sawahili, sehingga kata Dengue diabadikan untuk nama virus ini.
Virus dengue merupakan mikro organisme yang ukurannya mencapai 50 nm dan tentu saja hanya bisa dilihat melalui mikroskop. Virus ini ditemukan pada tahun 90-an di Jepang ketika Nagasaki terkena wabah oleh virus dengue ini. Setahun setelah ditemukannya virus ini, para ilmuwan telah menemukan vaksinasi untuk mengobati infeksi virus dengue ini. Albert Sabin dan Walter Schlesinger tercatat sebagai 2 orang ilmuwan ahli virus yang berhasil mengkarantina virus dengue sekaligus menemukan vaksin nya.

Virus Dengue termasuk pada kelompok virus yang bisa menyebabkan gangguan pada otak atau radang otak atau disebut sebagai kelompok flavi virus sehingga virus ini sangat berbahaya bagi manusia. Berdasarkan hasil riset oleh para pakar virus, Virus ini dibagi kedalam beberapa varian dengan kode DEN, yaitu DEN-1 sampai DEN-4. Ke-4 varian virus ini memiliki pola, gejala serta akibat/dampak yang sama saat menginfeksi tubuh manusia. Ketika seseorang terkena virus dengue dan kemudian mendapatkan vaksinasi virus ini, ternyata masih memiliki potensi terserang kembali oleh penyakit ini dikarenakan virus ini memiliki 4 jenis varian berbeda yang telah disebutkan diatas.

Virus Dengue, Memiliki Kemampuan Berkembang Biak Pada Tubuh Nyamuk

Satu hal yang menjadi keunikan virus ini adalah kemampuannya untuk berkembang biak pada tubuh nyamuk dan tentu saja jika terinfeksi pada manusia, mereka akan berkembang biak juga disana. Virus ini tidak tahan dan tidak mampu berkembang biak dalam ruang terbuka, sehingga mereka memerlukan media sebagai inang untuk dijadikan sebagai habitat tempat mereka berkembang biak. Oleh karena itu, virus ini akan menumpang hidup pada tubuh nyamuk Aedes Aegypti.
Ketika virus ini berada di tubuh nyamuk, mereka tidak akan merusak metabolisme atau menginfeksi tubuh nyamuk, melainkan hanya meminjam tubuh nyamuk sebagai media untuk bermigrasi kepada tubuh manusia. Oleh karena itu, nyamuk yang didalalmnya sudah terdapat virus dengue tidak akan menjadi sakit atau mati. Bahkan, di dalam tubuh nyamuk, virus-virus ini akan berkembang biak dan siap berpindah ke media yang lebih besar yaitu manusia.

Karena kemampuannya yang bisa berpindah melalui tubuh nyamuk, menjadikan virus ini semakin liar dan berbahaya dikarenakan proses penyebarannya akan semakin cepat. Mereka akan menginfeksi dari manusia yang satu ke manusia yang lainnya. Nyamuk memiliki kemampuan berpindah dengan cepat, dari satu daerah ke daerah lainnya dengan cara terbang. Dengan begitu, virus ini kerap menjadi wabah pada suatu daerah jika salah seorang penduduk atau warganya ada yang terkena infeksi DBD maka dapat dipastikan beberapa orang disekitarnya juga akan ikut terinfeksi.

Saatnya Anda sadar akan bahaya penyakit ini dengan senantiasa menjaga kebersihan lingkungan. Jika tempat tinggal Anda dipenuhi oleh nyamuk, maka disarankan untuk membasminya dengan menggunakan jasa pembasmian hama FUMIDA. Anda bisa menghubungi FUMIDA dan berkonsultasi mengenai cara membasmi nyamuk yang benar-benar efekstif. Lakukan komunikasi dengan FUMIDA melalui SMS/WA 0822-1177-1166 atau telp langsung ke nomor 021-29049130. Semoga Anda dan kita semua terbebas dari bahaya virus dengue ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Telp Sekarang 0822-1177-1166
WhatsApp Whatsapp Kami Sekarang