Gejala, Pengobatan & Cara Pencegahan Penyakit Malaria


Nyamuk merupakan serangga kecil yang tidak bisa diremehkan, karena beberapa jenis nyamuk ternyata bisa menularkan penyakit yang mematikan seperti penyakit Malaria. Penyakit ini disebarkan oleh gigitan nyamuk yang terinfeksi sekumpulan protozoa atau hewan ber sel satu yang berifat parasit. Berdasarkan hasil penelitian, nyamuk yang menyebarkan penyakit malaria adalah nyamuk Anopheles. Infeksi penyakit ini bisa terjadi meski hanya terkena satu kali gigitan saja oleh nyamuk Anopheles. Jika sudah terinfeksi malaria dan tidak segera mendapatkan penanganan yang benar, maka bisa menyebabkan pada resiko kematian.

Menurut beberapa penelitian, penyakit ini tidak menular secara langsung antar manusia, namun biasanya akan ditularkan jika seseorang terkena darah pasien penderita malaria. Bagi wanita hamil, penyakit ini juga bisa beresiko menyerang pada janin yang dikandungnya melalui darah ibunya.

Indonesia sendiri merupakan salah satu Negara yang memiliki pasien penderita Malaria yang cukup banyak setiap tahunnya. Oleh karena itu, Indonesia bersama dengan negara lain berkomitmen untuk memberantas penyakit malaria dan penyakit berbahaya lainnya dalam program yang bernama Millenium Development Goals

Gejala Penyakit Malaria

Ketika seseorang terinfeksi penyakit malaria biasanya akan terlihat gejalanya setelah 1-2 minggu mereka terinfeksi. Bahkan ada juga beberapa kasus, gejala penyakit ini malah baru muncul setelah setahun semenjak digigit nyamuk Anopheles. Setelah pasien terkenan gigitan nyamuk, biasanya pasien akan menderita demam, menggigil atau kedinginan, berkeringat, muntah-muntah, nyeri otot, sakit kepala, dan diare mirip seperti gejala terkena penyakit lain seperti Tifus atau DBD.
Jika Anda mengalami gejala-gejala diatas, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk melakukan diagnosis atau pemeriksaan awal guna mendapatkan penanganan yang benar. Diagnosa penyakit ini biasanya sama dengan penyakit DBD, yaitu cukup dengan pengecekan darah.

Mengapa Nyamuk Bisa Menyebabkan Penyakit Malaria

Seperti yang telah diungkapkan diatas, Malaria disebabkan oleh parasit protozoa yang bernama Plasmodium. Berdasarkan tes laboratorium, protozoa Plasmodium yang menyebabkan malaria ada sekitar lima jenis dan hanya bisa disebarkan oleh nyamuk betina saja. DI Indonesia sendiri hanya terdapat dua jenis parasit, yaitu Plasmodium vivax dan Plasmodium falciparum. Malaria juga bisa terinfeksi ke pasien lainnya melalui melalui pemakaian jarum suntik bekas atau bergantian atau proses saat transfusi.

Cara Mengobati Penyakit Malaria

Pasien yang menderita penyakit malaria bisa disembuhkan secara total jika mengkonsumsi obat dan perawatan yang benar. Oleh karena itu, jika seseorang terkeba penyakit ini sebaiknya melakukan pengobatan secara intensif di rumah sakit karena pasien akan mendapatkan perawatan yang optimal serta obat-obatan yang ampuh untuk menyebuhkan serta mencegah penularan penyakit ini. Dokter biasanya akan memilih obat-obatan saat memberikan ke pasien penderita malaria, hal tersebut biasanya akan bergantung pada tingkat keparahan, jenis parasit plasmodium, kondisi pasien, bahkan akan ditinjau juga dari lokasi atau tempat tinggal pasien.

Cara Mencegah Penyakit Malaria

Penyakit malaria bisa dicegah dan dihindari oleh siapa saja, tentunya bagi yang tidak mau terkena penyakit mematikan ini seperti dengan mengikuti program pemerintah untuk menaburkan obat anti malaria atau pembunuh jentik nyamuk di sumur Anda. Ada juga program pengecekan darah secara masal dan gratis yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarkat.

Namun, yang paling utama adalah dengan membasmi hama nyamuk sampai tuntas melalui jasa pest controll. Kenapa harus jasa pest controll? Karena jasa ini sudah teruji keampuhannya untuk memberantas segala jenis hama termasuk nyamuk. Namun, saat memilih jasa ini jangan sampai Anda tertipu karena diluaran sana banyak jasa serupa yang abal-abal atau tidak berkualitas. Gunakan jasa pest controll berkualitas dari FUMIDA dengan menghubungi melalui layanan telp 021-29049130 atau melalui SMS/Whatsapp di 0822-1177-1166

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Telp Sekarang 0822-1177-1166
WhatsApp Whatsapp Kami Sekarang