Gangguan Kesehatan Akibat Tikus yang Bersarang di Rumah

Menjaga kebersihan rumah merupakan hal yang sangat penting. Jika rumah bersih, tentu akan bebas dari berbagai hama dan sumber-sumber penyakit yang bisa membahayakan setiap anggota keluarga. Oleh karena itu, sepantasnya setiap anggota keluarga diberikan pemahaman akan pentingnya menjaga kebersihan ruangan masing-masing di dalam rumah.

Salah satu efek negatif yang diakibatkan oleh rumah yang tidak bersih atau terlalu banyak tumpukan barang-barang adalah rentan dijadikan sebagai lokasi bersarangnya tikus-tikus. Kalau hal itu terjadi, tentu bisa membahayakan kesehatan setiap anggota keluarga.

Jangan pernah memandang enteng bersarangnya tikus di rumah. Pasalnya, ada beberapa penyakit yang bisa ditimbulkan oleh tikus. Penyakit-penyakit tersebut adalah :

1.Hantavirus Pulmonary Syndrome(HPS)

Diantara penyakit yang dapat diakibatkan adanya tikus adalah hantavirus pulmonary syndrome (HPS). Perlu diketahui bahwa penyakit ini bisa mengakibatkan kematian menimpa seseorang. Penularan penyakit ini bisa melalui air liur, urine, dan kotoran tikus yang sudah terinfeksi. Terkadang seseorang juga bisa terserang penyakit ini saat menghirup virus ini. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan pencegahan dengan membersihkan rumah sebaik mungkin agar tikus tidak bersarang di rumah.

2.Murine Typhus

Penyakit dan gangguan kesehatan yang juga bisa diakibatkan oleh tikus adalah murine typhus. Gangguan ini menulari tubuh manusia melalui kutu yang pada badan tikus. Tikus yang terinfeksi penyakit ini umumnya terdapat pada lingkungan tropis yang lembap. Jika rumah kotor dan tikus bersarang, menyebabkan penghuni rumah beresiko terkena penyakit dan gangguan kesehatan ini.

3.Rat-Bite Fever(RBF)

Rat-bite fever (RBF) juga termasuk salah satu jenis penyakit yang diakibatkan oleh tikus melalui bakteri yang bernama Streptobacillus moniliformis. Bakteri ini menyerang manusia saat tergigit atau tercakar hewan tersebut. Selain itu, Anda juga bisa tertular melalui makanan atau air yang terkontaminasi.

Baca Juga  Inilah Beberapa Fakta Mengejutkan Rayap Yang Jarang Diketahui

Jika rumah hunian Anda kurang bersih dan banyak tikus bersarang, kemudian kamu mengalami gangguan kesehatan di atas, maka sebaiknya segera periksakan diri Anda ke dokter atau tim kesehatan terdekat.

4.Leptospirosis

Gangguan kesehatan dan penyakit lainnya yang juga disebabkan oleh tikus adalah leptospirosis. Penyakit ini diakibatkan oleh bakteri yang bernama genus leptospira yang masuk ke tubuh melalui luka yang terbuka, lalu bersentuhan dengan sumber infeksi. Gangguan kesehatan ini bisa menimbulkan gejala pada pengidapnya, namun pada beberapa kasus tidak menampakkan gejala.

Beberapa gejala yang seringkali diakibatkan saat seseorang terserang leptospirosis adalah demam tinggi, nyeri otot, sakit kepala parah, hingga penyakit kuning. Jika tidak segera diatasi dan diobati, kemungkinan besar pengidapnya akan mengalami kerusakan ginjal, meningitis, gagal hati, dan gangguan pernapasan. Bahkan, pada sebagian kasus yang sangat jarang, kematian saja terjadi.

5.Eosinofilik Meningitis

Penyakit eosinofilik meningitis juga diakibatkan dan disebabkan oleh tikus. Gangguan kesehatan yang satu ini dapat menimbulkan infeksi pada otak yang diakibatkan oleh peningkatan jumlah infeksi cacing yang menembus ke dalam tubuh. Organisme yang paling umum mengakibatkan munculnya penyakit ini adalah cacing paru-paru tikus yang disebut dengan Angiostrongylus cantonensis.

Demikianlah beberapa jenis penyakit yang bisa diakibatkan oleh tikus yang bersarang di rumah Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu menjaga dan memelihara kebersihan rumah Anda.

Jika rumah Anda sudah terlanjur terserang hama seperti tikus, ular, rayap,  kecoa, dan lain sebagainya, sebaiknya Anda menggunakan jasa pest control atau jasa pembasmi hama fumida dari pestcontroljakarta.id. Jasa tersebut akan membantu dalam membasmi berapapun banyaknya tikus yang bersarang di rumah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Telp Sekarang 0822-1177-1166
WhatsApp Whatsapp Kami Sekarang