Cara Membasmi Kutu Busuk di Dalam Rumah

Kutu busuk dan serangga bisa hidup di dalam rumah kotor dan lembab. Jika sudah begitu, akan muncul rentetan masalah mulai dari kesehatan hingga keharmonisan hubungan keluarga bahkan dengan kerabat yang pernah bertamu di rumah. Mungkin awalnya kehadiran kutu busuk tidak disadari, hingga akhirnya sudah berkoloni baru kita kewalahan mengatasinya. Perlu cara khusus untuk membasmi kutu busuk di dalam rumah dan mencegah timbulnya masalah-masalah tersebut. Kami ingin berbagi tips tentang bagaimana caranya.

Lebih baik ajaklah anggota keluarga Anda dalam kegiatan ini. Sehingga kegiatan ini menjadi ringan dan menyenangkan. Jangan lupa selama melakukan kegiatan ini lindungi diri Anda dan anggota keluarga dengan masker dan sarung tangan.

1.Bersihkan rumah secara menyeluruh

Agar waktu dan tenaga dapat digunakan secara efektif dan efisien saat membersihkan, mulailah dengan membersihkan langit-langit rumah Anda, setiap properti di rumah Anda, kemudian terakhir lantai rumah Anda. Jangan abaikan tempat persembunyian serangga yaitu permukaan di balik dan di bawah lemari, ranjang, sofa, pajangan, rak buku, dll. Perhatikan pula celah, sudut, lipatan dan laci dari properti di rumah Anda. Bersihkan dengan alat-alat dan cara yang tepat, sehingga tidak malah merusak.

Tidak lupa cuci dan keringkan peralatan makan dan masak Anda, lalu simpan di tempat yang telah dibersihkan pula. Cuci pakaian kotor Anda, kemudian jemur, setrika, lipat dan masukkan dalam lemari yang telah dibersihkan.

2.Semprotkan insektisida di tempat yang berpotensi menjadi sarang kutu busuk

Setelah rumah bersih, Anda bisa menyemprotkan insektisida di bawah kasur, ranjang, sofa, meja, lemari, dan celah antar properti. Tunggu beberapa saat hingga insektisida bekerja dengan baik, sementara itu Anda dan anggota keluarga dapat beraktivitas di luar rumah.

Baca Juga  Cara Penyebaran Kolera Melalui Lalat Hijau

3.Rajin menjemur kasur, bantal, guling dan boneka

Kasur merupakan properti yang paling rawan menjadi sarang kutu busuk. Sering menyemprotkan insektisida ke kasur mengandung resiko bagi kesehatan. Oleh karena itu menjemur kasur secara rutin menjadi pilihan terbaik untuk mencegah tumbuh kembang kutu busuk di kasur. Jangan lupa sesekali tepuk-tepuk permukaan kasur agar debu dan telur kutu busuk bisa rontok dari kasur. Hal itu juga berlaku untuk bantal, guling dan boneka.

Hanya saja, ada sedikit perlakuan khusus untuk bantal, guling dan boneka. Untuk memudahkan proses pembersihannya sebaiknya buatkan resleting pada bantal, guling dan boneka. Cara ini dilakukan agar Anda dapat mengeluarkan dan memasukkan kembali isinya saat sarungnya sudah waktunya untuk dicuci.

4.Menjaga kebersihan rumah

Kita dapat menjaga kebersihan rumah dengan cara tidak membuang sampah sembarangan, tidak menaruh kotoran dari menyapu di belakang pintu, tidak membiarkan sampah dan cucian kotor menumpuk, serta tidak pula menyampirkan pakaian kotor dan lembab di sofa. Paling penting, selalu simpanlah alat-alat kebersihan yang telah digunakan dalam keadaan bersih.

Jangan lupa menutup tempat-tempat penampungan air di rumah agar tidak menjadi tempat berkembangbiak serangga. Serta menjaga kelembaban udara dan sirkulasi udara yang sehat di rumah agar koleksi buku dan segala properti kayu tidak lembab dan dimakan serangga.

5.Rutin membersihkan rumah

Mungkin pada awalnya berat, tetapi percayalah bahwa membersihkan rumah di waktu-waktu berikutnya akan menjadi semakin ringan karena rumah tidak terlalu kotor. Bila tidak rutin dibersihkan resiko rentetan masalah akibat rumah kotor dan berserangga akan muncul dengan mudah.

Jika rumah Anda sudah terlanjur menjadi tempat bersarangnya kutu busuk, segeralah menghilangkan hama tersebut menggunakan bantuan dari jasa pembasmi hama yang terpercaya. Salah satu dari jasa tersebut adalah jasa pembasmi hama fumida dari pestcontroljakarta.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Telp Sekarang 0822-1177-1166
WhatsApp Whatsapp Kami Sekarang