Cara Efektif Membasmi Koloni Semut Di Rumah Anda


Pernahkah Anda mengusir semut dengan cara menyiram air? Ya, mungkin kebanyakan diantara kita pernah mencoba untuk mengusir segerombolan semut dengan cara menyiramkan air ketika sedang berada di halaman rumah, atau menyiram semut yang sedang berbaris di kamar mandi dengan shower, dan menyangka bahwa cara tersebut adalah cara yang tepat untuk mengusir semut dari rumahnya.

Cara yang Anda lakukan tersebut bukanlah cara yang tepat untuk mengusir serangga ini, Selain tidak efektif dan hanya membuang banyak air, dalam waktu singkat semut semut yang telah Anda usir dengan siraman air tersebut akan kembali berbaris dan tidak akan menghiraukan usiran Anda tersebut. Hal tersebut terjadi dikarenakan, koloni semut yang bersarang dirumah Anda itu berjumlah ribuan bahkan jutaan. Dan semut yang Anda usir tersebut hanya sebagian kecil saja, mungkin hanya puluhan atau ratusan semut saja.

Semut merupakan serangga yang memiliki kecerdasan, Mereka akan hidup secara berkoloni atau berkelompok, bahkan hal tersebut hampir mirip dengan kehidupan manusia yang hidup berkoloni, berbangsa dan bernegara. Koloni semut dipimpin oleh seekor semut yang berperan sebagai ratu semut, sedangkan sisanya merupakan semut pekerja.

Ratu semut ini akan dirawat oleh semut-semut pekerja, sedangkan tugas ratu semut hanya bertelur. Untuk membasmi semut secara efektif biasanya dilakukan dengan cara mengusir seluruh semut pekerja terlebih dahulu. Setelah banyak semut pekerja yang mati maka tidak akan ada lagi yang memberikan makanan dan mengurus ratu semut sehingga pada akhirnya koloni semut di rumah Anda akan punah dengan sendirinya. Selain cara tersebut, berikut ini adalah beberapa cara efektif membasmi koloni semut di rumah Anda.

1. Gunakan Kapur Anti Serangga
Membasmi semut yang paling efektif adalah dengan menggunakan kapur anti serangga. Cara ini cukup bisa diandalkan untuk membasmi koloni semut yang sudah lama tinggal di rumah Anda. Kapur anti serangga tidak disukai serangga karena kandungan didalamnya bisa menghabisi nyawa mereka. Kandungan yang terdapat pada kapur ini adalah kalsium karbonat yang aromanya bisa menjadi racun bagi berbagai macam serangga, termasuk semut.

Cara membasmi semut dengan menggunakan kapur anti serangga sangatlah mudah. Anda cukup melingkari lubang semut dengan coretan atau gambar menggunakan kapur ini. Cara mendapatkan sarang atau lubang semut, cukup dengan memperhatikan barisan semut yang berjajar di tembok, biasanya mereka akan menuju lubang kecil tertentu yang dijadikan sebagai sarang oleh mereka. Jika target sudah ditemukan, anda tingga melingkarinya dengan kapur tersebut. Hanya saja, Anda harus hati-hati menyimpan kapur ini, karena berbahaya jika termakan.

2. Semprot Dengan Air lemon
Jika Anda hendak membasmi semut tanpa menggunakan bahan kimia bisa mencoba dengan menggunakan semprotan air perasan buah lemon. Jeruk lemon yang memiliki rasa asam bisa membuat semut tidak betah dan tidak nyaman tinggal di rumah Anda akibat aromanya yang menyengat. Cara membasmi semut dengan perasan jeruk lemon sangatlah mudah, Anda cukup menyemprotkan air lemon tersebut ke tempat tempat yang sering dilalui oleh semut seperti celah jendela dan pintu. Teteskan juga perasan air lemon tersebut pada bagian lubang semut. Selain menggunakan air perasan jeruk lemon, Anda juga bisa menggunakan kulit jeruk ini dengan mengiris-irisnya kemudian sebarkan ke tempat-tempat yang sering dilewati semut.

Jeruk lemon tidak hanya efektif untuk mengusir semut, namun buah ini cukup ampuh juga untuk mengusir serangga pengganggu lainnya seperti kecoa. Untuk mengusir kecoa dengan buah lemon bisa menggunakan sebanyak 4 buah lemon yang di blender kemudian dicampurkan dengan air sebanyak dua liter. Siramkan larutan jus lemon tersebut ke lantai kamar mandi atau ke sarang kecoa lainnya.

Mengusir semut dengan cara manual kadang berhasil kadang juga tidak, tergantung seberapa banyak jumlah semut dalam koloni nya. Namun, jika sudah merasa frustasi dan kesulitan untuk membasmi serangga ini bisa meminta bantuan jasa penanggulangan hama FUMIDA. Mereka merupakan pakar pembasmi semut dan serangga hama lainnya. Silahkan hubungi FUMIDA melalui nomor 021-29049130 atau 0822-1177-1166. Semoga rumah Anda terbebas dari gangguan hama semut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Telp Sekarang 0822-1177-1166
WhatsApp Whatsapp Kami Sekarang