Cara Ampuh Atasi Gatal Akibat Gigitan Kutu Kasur


Bila Anda pernah digigit oleh nyamuk yang menyebabkan bentol dan gatal pada kulit Anda, mungkin hal itu merupakan hal biasa. Tinggal oleskan lotion anti nyamuk atau minyak zaitun, maka gatalnya akan reda dan menghilang. Namun bagaimana jika Anda merasa gatal karena gigitan kutu kasur?

Gigitan yang disebabkan oleh kutu kasur ini rasanya bisa jadi lebih gatal, lebih sakit dan meninggalkan bekas yang mengganggu. Adapun dampak dari gigitannya biasanya hilang dan sembuh sendiri dalam waktu 1-2 minggu. Hal ini tentunya dapat menyebabkan Anda merasa terganggu dan tidak tahan dengan rasa gatalnya sehingga ingin segera mengobatinya. Lalu bagaimana cara mengobatinya? Tenang, kami akan berbagi tips-tips ampuh untuk mengobati rasa gatal akibat gigitan kutu kasur, diantaranya yaitu:

1. Gunakan Krim Topikal

Jika Anda telah terkena gigitan kutu kasur, langkah pertama yang Anda lakukan adalah segera oleskan krim topikal pada kulit yang gatal. Krim topikal adalah krim yang mengandung obat yang dioleskan pada permukaan kulit. Krim topikal ini ada 2 jenis, yaitu krim topikal yang dapat Anda beli di apotek, atau krim topikal dengan resep dari dokter.

Salah satu contoh krim topikal yang bisa Anda beli sendiri di Apotek yaitu losion calamine ataupun krim lain yang didalamnya terdapat kandungan kortison atau dipenhydramine. Pastikan Anda benar-benar mengikuti aturan pakai pada kemasan krim tersebut, karena Anda membelinya tanpa resep dari dokter. Bila Anda kurang faham atau masih bingung, jangan malu untuk bertanya dan berkonsultasi terlebih dahulu kepada apoteker tentang krim yang akan Anda gunakan tersebut.

Namun apabila gatal tak kunjung sembuh juga setelah menggunakan krim topikal, maka segera kunjungi dokter terdekat. Anda mungkin akan diberi resep krim kortison atau salep doxepin untuk membantu meredakan gatal pada kulit Anda.

2. Mengkonsumsi Antibiotik

Kulit yang terkena gigitan kutu kasur tentunya akan membuat rasa gatal pada kulit Anda, sehingga membuat Anda refleks ingin menggaruknya. Akan tetapi, sebaiknya hindari aktivitas menggaruk segatal apapun itu, agar tidak terjadi infeksi bakteri pada kulit Anda.

Namun jika Anda sudah terlanjur mengalami infeksi, maka Anda akan diberi antibiotik oleh dokter untuk meringankan gejalanya. Antibiotik ini dapat berupa obat minum seperti dipenhydramine (Benadryl®) ataupun berupa salep mupirocin(Bactroban®) tergantung seberapa parah kondisi infeksinya.

3. Rutin mengganti seprai kasur

Perlu Anda ketahui bahwa cara mengobati gatal akibat gigitan kutu kasur bukan hanya sekedar mengoleskan krim pereda gatal atau meminum antibiotik saja lho! Jika Anda masih malas mengganti seprai kasur, maka semua ini akan menjadi sia-sia saja, karena kasur beserta seprainya merupakan tempat persembunyian nomor satu bagi kutu kasur. Jadi, jika tidak rutin diganti dan dibersihkan, maka kemungkinan besar si kutu busuk akan tetap tinggal sehingga dapat menggigit kulit Anda kembali.

Maka mulai sekarang, rutinlah untuk mengganti seprai kasur, sarung bantal, sarung guling dan juga selimut paling tidak 1 hingga 2 minggu sekali. Seprai tersebut harus dicuci dengan air panas dan dijemur dibawah terik matahari agar kutu kasur mati beserta telur-telurnya.

Namun bila Anda ingin membasmi kutu kasur ini secara efektif tanpa khawatir mereka akan muncul kembali, Anda dapat menggunakan layanan jasa pest control yang terbukti efektif dalam membasmi kutu kasur di rumah Anda. FUMIDA merupakan jasa pest control yang sudah berpengalaman dalam membasmi hama. Silakan hubungi FUMIDA melalui nomor telepon 021-29049130, atau melalui SMS/Whatsapp di nomor 0822-1177-1166 sekarang juga untuk membasmi kutu kasur di rumah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Telp Sekarang 0822-1177-1166
WhatsApp Whatsapp Kami Sekarang