Berbagai Macam Penyakit yang Diakibatkan Oleh Lalat Hijau

Lalat hijau merupakan serangga parasit yang kerap menyebabkan terjangkitnya berbagai jenis penyakit bagi manusia. Semua orang tentu saja tidak menginginkan hewan ini masuk bahkan berkembang biak di rumah mereka, karena selain menjijikan serangga ini membawa berbagai jenis bakteri patogen, parasit dan virus berbahaya lainnya. Kenapa bisa demikian? Hal tersebut terjadi diakibatkan karena lalat memiliki habitat di tempat yang kotor seperti tong sampah, saluran air got, dan temapat-tempat jorok lainnya. Sudah bisa dipastikan, tempat-tempat tersebut merupakan rumah bagi berbagai macam jenis penyakit yang bisa menyerang manusia.

Setidaknya ada 100rb spesies lalat yang ada di bumi ini, dan lalat hijua termasuk ke dalam jenis sepsies lalat yang berbahaya bagi manusia. Sebagian lalat juga ada yang tidak berbahaya, justru sebaliknya lalat tersebut bermanfaat bagi manusia, diantaranya adalah lalat tentara hitam atau black soldier fly (BSF). Berbeda dengan lalat hijau, lalat BSF malah banyak dibudi dayakan oleh manusia untuk diambil larva nya. Larva lalat BSF biasanya dijadikan pakan unggas dan ikan. Lalat hijau tidak bisa diambil manfaatnya, karena larva yang dihasilkan dari lalat ini tidak bisa dijadikan sebagai pakan ternak, yang ada malah hewan-hewan yang diberi larva lalat hijau malah akan mati.

Lalat Hijau Merupakan Sumber Penyakit Berbahaya Bagi Manusia

Berbagai penelitian menunjukan betapa berbahayanya lalat hijau ini. Karena mereka hidup di lingkungan yang kotor, sudah sangat dipastikan tubuh dan kaki mereka dipenuhi oleh berbagai macam bakteri maupun parasit yang bisa menjadi bibit penyakit. Lalat ini terbiasa untuk membersihkan kakinya, serta membuang kotoran pada makanan.

Jika lalat hinggap pada makanan, maka makanan tersebut akan terkontaminasi oleh kotoran lalat maupun dari tubuh lalatnya secara langsung yang membawa bibit penyakit. Itulah kenapa lalat hijau sangat berbahaya bagi manusia. Bakteri patogen maupun virus berbahaya yang ada pada lalat akan termakan oleh manusia dan meninfeksi tubuh manusia sehingga akan terserang berbagai macam penyakit. Inilah beberapa macam penyakit yang penyebabnya melalui kontaminasi lalat hijau:

1. Penyakit Diare
Penyakit yang paling sering terjangkit akibat sanitasi yang buruk dan kurangnya menjaga kebersihan lingkungan adalah Diare. Penyakit ini akan disebarkan oleh lalat hijau dan lalat rumah lainnya. Bibit penyakit diare derasal dari kotoran hewan dan manusia serta dari sampah yang menumpuk. Ketika lalat bersentuhan dengan lingkungan kotor, maka bibit penyakit diare ini akan mereka bawa. Lalat merupakan serangga yang bebas kemana-mana, saat mereka hinggap di makanan maka bibit penyakit tersebut akan ‘ditransfer’ ke sana.

2. Penyakit Disentri
Penyakit disentri hampir mirip dengan diare, yaitu penyakit yang menyerang pada sistem pencernaan manusia. Biasanya penyakit ini lebih rentan menyerang pada anak-anak daripada orang dewasa. Disentri disebabkan oleh bakteri patogen yang disebarkan oleh lalat pada makanan yang dikonsumsi manusia. Beberapa penyakit disentri yang sering menyerang manusia adalah Disentri Basil dan Disentri Ameba

3. Penyakit Kolera
Kolera merupakan salah satu jenis penyakit berbahaya yang mematikan diakibatkan oleh bakteri yang bernama Vibrio Cholerae. Bakteri ini menghasilkan toksin yang bisa membunuh manusia yang bernama CTX sehingga menyebabkan diare hebat. Penyebaran bakteri ini juga tidak terlepas dari ‘jasa’ lalat hijau melalui makanan yang dikonsumsi oleh manusia.

Setelah mengetahui betapa mengerikannya dampak yang diberikan oleh lalat hijau ini, maka saatya Anda untuk membasmi gerombolan lalat hijau ini sampai tuntas. Cara paling efektif adalah dengan menghubungi FUMIDA. Anda bisa berkonsultasi mengenai hama lalat yang mengganggu ini melalui nomor 021-29049130 atau 0822-1177-1166. Semoga artikel ini bermanfaat dan Anda terbebas dari gangguan serangga menjijikan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Telp Sekarang 0822-1177-1166
WhatsApp Whatsapp Kami Sekarang